Jumat, 02 Januari 2015

Kesel Sama Komedo? Coba Cara ini

Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan pun dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik.
Komedo dapat dihilangkan dengan pilihan terapi sebagai berikut:
  • Pemakaian krim malam yang mengandung retinoic acid
Selain untuk mengobati komedo dan jerawat, obat ini dapat pula mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Awal penggunaan jerawat dapat muncul semakin banyak, kulit menjadi merah serta mengelupas, namun penggunaan obat harus tetap dilanjutkan sampai minimal 3 bulan, jika perlu seterusnya. Hindari paparan sinar matahari jika menggunakan obat tersebut atau gunakan sunblock dengan SPF minimal 30. Namun memilih sunblock juga harus berhati-hati karena sebagian besar dapat memicu munculnya komedo lebih banyak, pilihlah sunblock dan semua produk perawatan kulit yang berlabel non-comedogenic.
  • Tindakan ekstraksi komedo.
Tindakan ini harus dilakukan secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali. Kami sarankan agar anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih.
Selain itu, produk susu dan juga makanan berlemak sebaiknya juga dihindari. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit sehingga memicu terjadinya jerawat dan komedo. Cucilah muka dengan frekuensi 2 kali sehari, terutama setelah beraktivitas atau berkeringat.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 komentar:

 photo BUNDA_zps627e96e9.jpg