Rabu, 30 Oktober 2013

Membran sel


Cell Membrane 
Membran sel adalah membran semi-permeabel tipis yang mengelilingi sitoplasma sel. Fungsinya adalah untuk melindungi integritas dari bagian dalam sel dengan membiarkan zat tertentu ke dalam sel, sambil menjaga zat lain keluar. Hal ini juga berfungsi sebagai dasar lampiran untuk sitoskeleton di beberapa organisme dan dinding sel pada orang lain. Dengan demikian membran sel juga berfungsi untuk membantu mendukung sel dan membantu mempertahankan bentuknya. Sel-sel hewan, sel tumbuhan, sel prokariotik, dan sel-sel jamur memiliki membran sel.
Struktur sel MembranMembran sel terutama terdiri dari campuran protein dan lipid. Tergantung pada lokasi membran dan peran dalam tubuh, lipid dapat membuat mana saja dari 20 sampai 80 persen dari membran, dengan sisanya menjadi protein. Sementara lipid membran membantu memberikan fleksibilitasnya, protein memantau dan memelihara iklim kimia sel dan membantu dalam transfer molekul melintasi membran.

    
Lipid Membran sel

    
Fosfolipid merupakan komponen utama membran sel. Mereka membentuk bilayer lipid di mana mereka hidrofilik (menarik air) daerah kepala secara spontan mengatur untuk menghadapi sitosol berair dan cairan ekstraselular, sedangkan hidrofobik mereka (ditolak oleh air) menghadapi daerah ekor jauh dari cairan sitosol dan ekstraseluler . Lipid bilayer adalah semi- permeabel, sehingga hanya molekul tertentu untuk berdifusi melintasi membran.

    
Kolesterol merupakan komponen lipid lain membran sel. Ini membantu untuk kaku membran sel dan tidak ditemukan dalam membran sel tanaman.

    
Glikolipid terletak pada permukaan membran sel dan memiliki rantai gula karbohidrat yang menyertainya. Mereka membantu sel untuk mengenali sel-sel tubuh lainnya.

    
Protein Membran sel

    
Protein struktural membantu memberikan dukungan sel dan bentuk. Sel protein reseptor membran membantu sel-sel berkomunikasi dengan lingkungan eksternal mereka melalui penggunaan hormon, neurotransmitter dan molekul sinyal lain. Protein transportasi, seperti protein globular, molekul transportasi melintasi membran sel melalui difusi difasilitasi. Glikoprotein memiliki rantai karbohidrat yang menyertainya. Mereka tertanam dalam membran sel dan membantu dalam sel untuk komunikasi sel dan transportasi molekul melintasi membran.Struktur sel eukariotikMembran sel hanya salah satu komponen dari sel. Struktur sel berikut ini juga dapat ditemukan dalam sel eukariotik hewan khas:
  • Sentriol - membantu untuk mengatur perakitan mikrotubulus.
  • Kromosom - house selular DNA.
  • Silia dan Flagella - bantuan dalam pergerakan seluler.
  • Retikulum endoplasma - mensintesis karbohidrat dan lipid.
  • Golgi Kompleks - manufaktur, toko dan kapal produk seluler tertentu.
  • Lisosom - makromolekul seluler digest.
  • Mitokondria - memberikan energi bagi sel.
  • Inti - mengontrol pertumbuhan sel dan reproduksi.
  • Peroksisom - detoksifikasi alkohol, bentuk asam empedu, dan menggunakan oksigen untuk memecah lemak.
  • Ribosom - bertanggung jawab untuk produksi protein melalui penerjemahan.

0 komentar:

 photo BUNDA_zps627e96e9.jpg