Kamis, 26 September 2013

Sel Darah Putih

Bismillahi Ar-Rahmani Ar-Rahimi

White Blood Cell Photomicrogragh

Sel Darah Putih
 Suka_Biologi;- Sel darah putih adalah komponen darah yang melindungi tubuh dari agen infeksius. Juga disebut leukosit, sel darah putih berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dengan mengidentifikasi, menghancurkan, dan menghapus patogen, sel rusak, sel kanker, dan benda asing dari tubuh. Leukosit berasal dari sel batang sumsum tulang yang beredar dalam darah dan cairan getah bening. Leukosit dapat meninggalkan pembuluh darah untuk bermigrasi ke jaringan tubuh. Sel darah putih dikategorikan oleh kehadiran nyata atau tidak adanya butiran ( kantung yang berisi enzim pencernaan atau zat kimia lainnya ) dalam sitoplasma mereka. Sebuah sel darah putih yang dianggap sebagai granulosit atau agranulocyte. 
Granulosit
 Ada tiga jenis granulosit: neutrofil, eosinofil, dan basofil. Seperti yang terlihat di bawah mikroskop, butiran dalam sel-sel darah putih yang jelas ketika bernoda.

    
Neutrofil - Sel-sel ini memiliki inti tunggal yang tampaknya memiliki beberapa lobus . Neutrofil adalah granulosit paling melimpah dalam sirkulasi darah. Kimiawi mereka tertarik pada bakteri dan bermigrasi melalui jaringan ke lokasi infeksi. Neutrofil adalah fagositosis, mereka menelan sel target (bakteri, sel yang sakit atau mati, dll) dan menghancurkannya. Ketika dirilis, butiran neurtrophil bertindak sebagai lisosom untuk mencerna makromolekul seluler. Neutrofil ini juga hancur dalam proses .

    
Eosinofil - Inti dalam sel ganda lobed dan sering muncul berbentuk U dalam apusan darah . Eosinofil sering ditemukan dalam jaringan ikat dari lambung dan usus. Eosinofil merupakan fagositosis dan terutama menargetkan kompleks antigen - antibodi. Kompleks ini terbentuk ketika antibodi mengikat antigen untuk mengidentifikasi mereka sebagai zat untuk dimusnahkan. Eosinofil menjadi semakin aktif selama infeksi parasit dan reaksi alergi.

    
Basofil - Sel-sel ini adalah yang paling banyak dari sel-sel darah putih . Mereka memiliki inti multi-lobed, dan butiran mereka mengandung zat seperti histamin dan heparin. Heparin mempertipis darah dan menghambat pembekuan darah . Histamin melebarkan pembuluh darah, meningkatkan permeabilitas kapiler, dan meningkatkan aliran darah, yang membantu untuk mengangkut leukosit ke daerah terinfeksi. Basofil bertanggung jawab untuk reaksi alergi tubuh.Agranulocytes
 Ada dua jenis agranulocytes, juga dikenal sebagai leukosit nongranular: limfosit dan monosit. Sel-sel darah putih tampaknya tidak memiliki butiran yang jelas. Agranulocytes biasanya memiliki inti yang besar karena tidak adanya butiran sitoplasma.

    
Limfosit - Setelah neutrofil, limfosit adalah jenis yang paling umum dari sel darah putih. Sel-sel ini berbentuk bulat dengan inti besar dan sangat sedikit sitoplasmanya. Ada tiga jenis utama limfosit: sel T, sel B, dan sel-sel pembunuh alami. Sel T dan sel B sangat penting untuk respon imun spesifik. Sel pembunuh alami memberikan kekebalan nonspesifik.

    
Monosit - Sel-sel ini adalah yang terbesar dari sel-sel darah putih. Mereka memiliki inti tunggal yang besar yang dapat memiliki berbagai bentuk. Inti sering muncul untuk menjadi berbentuk ginjal. Monosit bermigrasi dari darah ke jaringan dan berkembang menjadi makrofag dan sel dendritik. Makrofag adalah sel besar hadir di hampir semua jaringan. Mereka aktif melakukan fungsi phagocitic. Sel dendritik biasanya ditemukan dalam jaringan yang terletak di daerah yang datang dalam kontak dengan antigen dari lingkungan eksternal . Mereka ditemukan di kulit, secara internal di hidung, paru-paru, dan saluran pencernaan. Sel dendritik berfungsi terutama untuk menyajikan informasi antigenik untuk limfosit pada kelenjar getah bening dan organ getah bening. Hal ini membantu dalam perkembangan imunitas antigen. Sel dendritik yang dinamakan demikian karena mereka memiliki proyeksi yang mirip dalam penampilan dengan dendrit dari neuron.Produksi Sel Darah Putih
 Sel darah putih diproduksi di sumsum tulang. Beberapa sel darah putih matang di kelenjar getah bening, limpa, atau kelenjar timus. Masa hidup leukosit matang berkisar antara beberapa jam sampai beberapa hari. Produksi sel darah sering diatur oleh struktur tubuh seperti kelenjar getah bening, limpa, hati, dan ginjal. Selama masa infeksi atau cedera, sel darah putih yang diproduksi dan hadir dalam darah . Sebuah tes darah yang dikenal sebagai jumlah sel darah WBC atau putih digunakan untuk mengukur jumlah sel darah putih dalam darah. Biasanya, ada sekitar 4,300-10,800 sel darah putih hadir per mikroliter darah. Sebuah hitungan WBC rendah mungkin karena penyakit, paparan radiasi, atau kekurangan sumsum tulang. Sebuah hitungan WBC tinggi dapat mengindikasikan adanya penyakit menular atau inflamasi, anemia, leukemia, stres, atau kerusakan jaringan.

Sekian dan sampai jumpa kembali di artikel berikutnya.
Semoga Bermanfat, amin...!

Sumber: biology.about.com

0 komentar:

 photo BUNDA_zps627e96e9.jpg