Minggu, 29 September 2013

Fungsi Protein

Protein adalah molekul yang sangat penting dalam sel kita. Mereka terlibat dalam hampir semua fungsi sel. Setiap protein dalam tubuh memiliki fungsi tertentu. Beberapa protein yang terlibat dalam dukungan struktural, sementara yang lain terlibat dalam gerakan tubuh, atau dalam pertahanan terhadap kuman. Protein bervariasi dalam struktur serta fungsi. Mereka dibangun dari satu set 20 asam amino dan memiliki bentuk tiga dimensi yang berbeda. Berikut adalah daftar dari beberapa jenis protein dan fungsinya. 
Fungsi protein
  • Antibodi: Protein khusus yang terlibat dalam mempertahankan tubuh dari antigen (penyerbu asing). Mereka dapat melakukan perjalanan melalui aliran darah dan digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasi dan membela terhadap bakteri, virus, dan penyusup asing lainnya. Salah satu cara antibodi melawan antigen adalah dengan melumpuhkan mereka sehingga mereka dapat dihancurkan oleh sel darah putih.
  • Protein kontraktil: Bertanggung jawab untuk gerakan. Contoh termasuk aktin dan myosin. Protein ini terlibat dalam kontraksi otot dan gerakan.
  • Enzim: Protein yang memfasilitasi reaksi biokimia. Mereka sering disebut sebagai katalis karena mereka mempercepat reaksi kimia. Contohnya termasuk enzim laktase dan pepsin. Laktase memecah laktosa gula yang ditemukan dalam susu. Pepsin merupakan enzim pencernaan yang bekerja di perut untuk memecah protein dalam makanan.
  • Protein Hormonal: Protein utusan yang membantu untuk mengkoordinasikan kegiatan tubuh tertentu. Contohnya termasuk insulin, oksitosin, dan somatotropin. Insulin mengatur metabolisme glukosa dengan mengendalikan konsentrasi gula darah. Oksitosin merangsang kontraksi pada wanita saat melahirkan. Somatotropin adalah hormon pertumbuhan yang merangsang produksi protein dalam sel otot.
  • Protein struktural: yang berserat dan benang dan memberikan dukungan. Contoh termasuk keratin, kolagen, dan elastin. Keratin memperkuat penutup pelindung seperti rambut, pena bulu, bulu, tanduk, dan paruh. Kolagen dan elastin memberikan dukungan untuk jaringan ikat seperti tendon dan ligamen.
  • Protein Storage: Menyimpan asam amino. Contoh termasuk ovalbumin dan kasein. Ovalbumin ditemukan dalam putih telur dan kasein adalah protein berbasis susu.
  • Protein Transportasi: Protein pembawa yang memindahkan molekul dari satu tempat ke tempat lain di seluruh tubuh. Contohnya termasuk hemoglobin dan sitokrom. Hemoglobin mengangkut oksigen melalui darah. Sitokrom beroperasi di rantai transpor elektron sebagai protein pembawa elektron.
Selamat belajar!
Sumber: biology.about.com

0 komentar:

 photo BUNDA_zps627e96e9.jpg