Minggu, 06 Oktober 2013

Protein

Proteins
Immunoglobulin G adalah jenis protein yang dikenal sebagai antibodi . Antibodi beredar di dalam darah dan mengakui partikel asing yang mungkin berbahaya.National Library of Medicine AS
Protein adalah molekul yang sangat penting dalam sel. Dengan berat badan, protein kolektif komponen utama dari berat kering sel. Mereka dapat digunakan untuk berbagai fungsi dari dukungan seluler untuk gerak seluler. Sementara protein memiliki banyak fungsi yang beragam, semua biasanya dibangun dari satu set 20 asam amino.Asam AminoAsam amino memiliki sifat struktural berikut:1. Sebuah karbon ( karbon alpha ) terikat pada empat kelompok yang berbeda :
  •     Sebuah atom hidrogen ( H )
  •     Sebuah kelompok karboksil ( COOH - )
  •     Sebuah kelompok Amino ( - NH2 )
  •     Sebuah " variabel " kelompok

Dari 20 asam amino yang biasanya membentuk protein , "variabel " kelompok menentukan perbedaan antara asam amino . Semua asam amino memiliki atom hidrogen , gugus karboksil dan gugus amino obligasi.

2. Jaringan polipeptidaAsam amino bergabung bersama melalui sintesis dehidrasi untuk membentuk ikatan peptida. Ketika sejumlah asam amino yang dihubungkan oleh ikatan peptida, rantai polipeptida terbentuk. Satu atau lebih rantai polipeptida dipelintir menjadi bentuk 3 - D membentuk protein.

3. Struktur proteinAda dua kelas umum molekul protein: protein globular dan protein berserat. Protein globular umumnya kompak, larut, dan berbentuk bulat. Protein berserat biasanya memanjang dan tidak larut. Protein globular dan berserat mungkin menunjukkan satu atau lebih dari empat jenis struktur protein. Empat jenis struktur adalah, sekunder, tersier, dan kuaterner struktur primer. Suatu struktur protein menentukan fungsinya. Misalnya, protein struktural seperti kolagen dan keratin yang berserat dan benang. Protein globular seperti hemoglobin, di sisi lain, yang dilipat dan kompak. Hemoglobin, ditemukan dalam sel darah merah, merupakan protein yang mengandung zat besi yang mengikat molekul oksigen. Struktur kompak sangat ideal untuk perjalanan melalui pembuluh darah sempit. 
4. Sintesis proteinProtein disintesis dalam tubuh melalui proses yang disebut translasi. Penerjemahan terjadi dalam sitoplasma dan melibatkan rendering kode genetik yang dirakit selama transkripsi DNA menjadi protein. Struktur sel yang disebut ribosom membantu menerjemahkan kode genetik ini menjadi rantai polipeptida. Rantai polipeptida mengalami beberapa modifikasi sebelum menjadi protein yang berfungsi penuh.

Semoga Bermanfaat!

Sumber: biology.about.com

0 komentar:

 photo BUNDA_zps627e96e9.jpg